Jendral Sudirman

Siapa yang tidak tahu pahlawan tanah air yang satu ini ?
Jendral Sudirman lahir di Bodas Karangjati, Purbalingga Jawa Tengah pada tanggal 24 Januari 1916. Dia dibesarkan oleh keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya seorang buruh di pabrik gula kalibagor dan sejak usia 8 tahun dia di angkat oleh asisiten Wedana Rembang sebagai anaknya.

Sudirman melakukan pendidikan formal seperti anak anak lainya. Setelah selesai sekolah, dia melanjutkan ke HIK aatau sekolah guru Muhammadiyah Surakarta tetapi tidak menamatkanya.Dia kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di cilacap.

Kemudian dengan karir militernya, dia di angkat sebagai jendral besar TNI yang berjuang dalam masa revolusi Indonesia. Dia di angkat sebagai panglima Jendaral RI terbesar dan pertama di Indonesia. Pada usianya yang ke 31 dia berjuang melawan gerilya demi membela kemerdekaan RI. Pada saat itu dia sedang mengalami penyakit paru – paru basah dan membuatnya gugur pada tahun 1950.

Ia kemudian di makamkan di makam pahlawan Kusuma Negara di Semaki Yogyakarta jawa tengah. Mungkin karena kekurangan Multi Vitamin beliau seperti itu.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply